Monday, October 8, 2007

Safety Awareness

Sore ini mendengar penuturan dari seorang rekan yang baru saja mengalami kehilangan beberapa barang berharganya. Merasa ngeri juga, karena ternyata lokasi kejadiannya adalah lingkungan di sekitar kantor atau boleh dibilang tidak jauh-jauh dari kantor. Barang berharga yang saya maksudkan di sini adalah 2 buah laptop, berapa dokumen penting juga, iPOD, dan masih banyak yang lainnya, yang tidak bisa saya sebutkan di sini. Hal ini karena saya menghargai batasan privasinya.

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Tahu kan tempatnya??? Nah di sanalah teman saya tersebut kehilangan barang-barang berharganya, tepatnya di jalan raya di depan Masjid Agung tersebut. Dimana saat-saat seperti ini [bulan puasa maksudnya] ramai sekali dalam rentang waktu menjelang buka puasa sampai sekitar pukul 20:00.

O iya, barang-barang yang saya sebutkan di atas tadi berada di sebuah mobil yang diparkir di pinggiran jalan. Si empu mobil sedang makan di salah satu warung tenda di sepanjang jalan. Memang, di sepanjang jalan di depan masjid banyak sekali warung-warung tenda yang menawarkan sajian untuk berbuka puasa. Mungkin juga teman saya sedang menikmati hidangan berbuka puasa ketika seseorang memecahkan kaca mobil sebelah belakang-samping kiri, tanpa menimbulkan suara tentunya. Mengambil 2 buah tas yang tergeletak di atas jok belakang dan satunya lagi di bawah jok.

Duuh ngeri jadinya, mengingat saya [dan si cinta] termasuk orang yang selalu meletakkan tas laptop di jok belakang. Dan kebetulan mobil teman saya sama dengan mobil yang saya tumpangi setiap harinya, hanya berbeda warna dan tahun produksi saja sepertinya.

Cerita di atas mungkin hanya sebagian dari berbagai macam pencurian barang-barang di dalam mobil. Bisa jadi barang yang diincar adalah audio set, handphone, tas laptop [seperti teman saya tadi] dan lain-lain yang mungkin si empu mobil sedang apes atau memang faktor keteledoran si empu.

Kalau mau mengkategorikan, saya termasuk yang si teledor. Yang menganggap enteng hal-hal begituan.. Hallah, begituan apa sih maksudnya..?? Safety awareness...

Si teledor ini pernah lupa mengunci mobil ketika parkir di salah satu hotel di Madiun. Ceritanya pagi hari saya, adik saya dan si krucil pengen ke stasiun untuk pesan tiket kepulangan adik ke Bandung, gak naik mobil tapi naik becak. Sebelum naik becak saya sempat mengambil sesuatu [sesuatu itu saya sudah lupa] di dalam mobil. Trus abis itu kabur deh naik becak ke stasiun kereta. Si cinta masih tertidur di kamarnya, dan kamarnya lumayan jauh dari tempat parkir mobil. Abis dari stasiun, kita bertiga langsung ke kamar tanpa mengecek mobil dengan asumsi mobil sudah terkunci. Di kamar kita berempat beres-beres, siap-siap check-out, check-out, masukin bawaan ke mobil. Naaah, pas masukin bawaan ke mobil itu si cinta nanya ke saya. "Koq mobilnya gak dikunci..", dengan agak bete kayaknya. Dicheck ini, dicheck itu Alhamdulillah semua barang masih utuh dan tetap di tempatnya. Coba ada orang usil, lenyap deeh barang-barang yang di mobil.

Itu hanya sebagian dari sekian banyak keteledoran saya.So guys, berhati-hatilah di mana saja kapan saja. Jangan lupa kunci mobil pas parkir, dan kalo bisa jangan parkir kendaraan di luar jangkauan penglihatan, maksudnya kalo mau meninggalkan kendaraan jangan jauh-jauh.

Balik ngomongin tempat kehilangan teman saya tadi, ternyata tingkat kehilangan sepeda motor juga lumayan tinggi, ini juga base on cerita sang teman tadi. Ketika melakukan pelaporan ke Polsek setempat, beberapa orang juga melakukan pelaporan kehilangan kendaraan bermotor. Jadi ingat dengan teman kantor juga yang pernah kehilangan kaca spionnya. Jadi inget juga cerita teman, hindari kawasan tersebut kalo bersepeda motor di malam hari. Intinya, selalu berhati-hati, jangan terlalu cuek ama yang namanya safety awareness...

Jadi semakin sadar, betapa keamanan sungguh berharga.