Wednesday, September 19, 2007

Anomali ???

Coba banyangin, tengah asyik menyelesaikan pekerjaan yang mungkin pekerjaan itu emang butuh ekstra konsentrasi buat ngerjainnya, tiba-tiba muncul interupt dari delapan penjuru mata angin. Baaamm... jadinya hilang deh semuanya, ya hilang konsentrasi, ya hilang mood juga. Hari ini gambaran seperti itu saya alami sendiri meskipun di hari-hari kerja biasanya hal-hal seperti itu emang kagak bisa dihindarin. Tapi yang hari ini rasanya bener-bener amburadul jadinya jadwal saya..

Awalnya saya sedang full konsentrasi mengerjakan hampir lima-ribuan baris alarm ketika tiba-tiba handphone berdering, seseorang menanyakan sebuah data, yang tentu saja saya harus mengalihkan konsentrasi saya dari deretan alarm ke data yang dimaksud oleh seorang teman tersebut. Tidak berapa lama ada telepon masuk lagi, "Mbak, jangan lupa meeting-nya jam 11 ya sama NSN". "Okee okee Pak.." Dari waktu telepon si bapak yang barusan masih ada jeda waktu sekitar 1 jam untuk bisa ngelanjutin deretan alarm tersebut, lumayan...

Akhirnya, jam 11 siang saya menuju ke ruangan seorang manager project di lantai 1 [saya sendiri ada di lantai 2] untuk mengikuti meeting tersebut. Selama meeting ternyata handphone saya juga tidak berhenti berdering. Karena kebetulan saya tidak bawa laptop, akhirnya mau tidak mau saya jadi sering keluar ruangan untuk meminjam sebuah desktop seorang teman di lantai 1 untuk remote ke laptop saya di lantai 2.

Dari hasil meeting tersebut kemungkinan besar saya akan ikut andil dalam pekerjaan yang di-meeting-kan itu, iya kerja malam. Melihat padatnya jadwal teman-teman [field-engineer] yang lain, tidak mungkin lagi tambahan pekerjaan ini disisipkan diantara sederet pekerjaan yang sudah terjadwalkan oleh mereka. Mulai dari sore ini, saya dan seorang teman kerja dari departemen lain bersama NSN melakukan site survey di dua lokasi MSC untuk persiapan pekerjaan yang dimaksud tersebut. Untunglah, dari hasil survey tersebut satu di antaranya mengisyaratkan bahwa pekerjaan malam untuk minggu depan tersebut tidak akan ada kendala yang berarti, tapi yang satunya lagi keliatan banget kalo bakalan agak mbulet. Duuh, kerja dan berpikir ekstra keras deeh... Tapi gak papa, emang harus begitu, kadang otak kita memang harus dituntut untuk bisa kerja ekstra keras biar kagak tumpul...

Selama perjalanan menuju ke lokasi, penyakit mengantuk menyerang. Gimana tidak, udara di luar yang panas tapi saya berada di mobil dengan hembusan AC yang sejuk, mendukung banget si kantuk menyapa saya. Apalagi semalam saya juga pulang telat, sampai tengah malam karena ada suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan survey saya hari ini juga, dan akhirnya saya benar-benar tertidur di mobil tumpangan tersebut. Hihihi, cuek.. Lagian orang-orangnya sudah pada kenal, sering kerja barengan siih..

Sampai di kantor, saya terpaksa membuka lagi file dengan ribuan baris alarm. Sebenarnya malas sekali, tapi memang itu tugas saya, yang setiap awal bulan harus melakukan perhitungan availability network untuk dijadikan report ke atasan. Tapi utunglah, di kantor masih ada gelak tawa teman-teman yang cukup menghibur. Guyon-guyon konyol atau bahkan guyonan nakal ala field-engineer cukup menyegarkan dan menghidupkan ruangan.

Apapun itu saya harus bersyukur karena secapek-capeknya saya, saya senang menjalani kegiatan-kegiatan tersebut. Sesibuk-sibuknya saya, kalau akhirnya semua jadi beres, toh kepuasannya luar biasa. Apalagi dalam beberapa bulan ke depan, pekerjaan-pekerjaan seperti ini mungkin akan dan harus saya lepaskan sedikit demi sedikit karena harus support pekerjaan administratif. Kalaulah boleh memilih, saya lebih memilih ngurusin network daripada ngurusin pengadaan atau semacamnya. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, itu adalah kesempatan belajar buat saya yang mungkin akan berguna di lain waktu, di lain tempat dan mungkin di lain pekerjaan :)

Memang, sejak akhir tahun 2001 sampai dengan awal tahun 2005 diri ini adalah satu diantara gerombolan field-engineer yang jam kerjanya bisa jadi 24 jam kalo lagi dapet giliran "standby". Semua pekerjaan berhubungan dengan perangkat, mulai dari yang kecil sampai yang gede asalkan masih dalam lingkup Base Station saya harus bisa. Di antara waktu luang di kantor [kalo di kantor berarti lagi ngadem aja, kan field-engineer], sedikit-sedikit diri ini sempatkan untuk belajar. Dan ternyata semuanya tidak sia-sia karena akhirnya meskipun masih di departemen yang sama, saya lebih diposisikan untuk support temen-temen field-engineer dari belakang termasuk reporting. Tapi untuk event Lebaran seperti ini, justru banyak yang harus saya support. Mulai dari meeting persiapan, mengalokasikan untuk penambahan, pengawasan kegiatan yang lain, support project untuk kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas dan tak jarang ikutan terjun lagi ke lapangan. Well, itu hal biasa kawan...

Yang gak biasa tuh mungkin kalo saya tiba-tiba disuruh masak, karena memang saya gak bisa masak. Bikin mie rebus dari mie instant aja kalo gak diajarin si cinta juga gak bakalan enak jadinya karena pasti setiap kali saya membuatnya jadinya terlalu matang. Sering muncul celutukan dari teman-teman bahkan dari manager saya, bahwa saya bakalan milih ikutan kegiatan rehoming dari pada disuruh masak. Yeee, tapi iya sihh... Bahkan ada seorang teman juga yang bilang bahwa saya ini sebuah anomali, tidak sepenuhnya cewek... Baaah, kalo yang ini mah terlalu berlebihan... Buktinya tuh ada seorang krucil cakep yang setia nunggu saya pulang kerja...