Tuesday, October 2, 2007

Mengenal yang satu ini

O iya, kmaren sore pas chat ama Om selebriti di jagad blogsphere ini, beliaunya minta advise pengalaman saya akses ke situs pralangga.org. Ada kesulitan apa tidak dan kalau sharing komentar mudah atau tidak. Yaa kira-kira begitulah...
Coba sih saya tulis di sini, sekalian promosi kali aja ada yang baca pas mampir di blog ini. Hehehe, ge-er banget kalo blog ini mau dikunjungi...

Sedikit flashback, saya mengenal profile Om Luigi (begitulah panggilan saya kepada bapak dua anak ini) dari friendster. Awalnya sih iseng-iseng "add as friend" di account lama beliau. Beberapa hari kemudian saya mendapatkan sebuah inviting dari beliau plus sebuah message pada account friendster saya. Saat itu beliaunya baru kembali dari liburan singkat ke Jakarta, rindu sekali akan keluarga, katanya. Namun kalau dihubung-hubungkan dengan posting-nya beberapa minggu yang lalu, ternyata kepulangan tersebut dalam rangka menghadiri pesta ulang tahun sang putri. Bikin terharu ketika membacanya, hikss...

mohon maaf baru sempat adding contactsnya disini.. account FS saya yang satu itu selalu error tiap kali approving new contacts

Kira-kira begitulah yang beliau tuliskan dalam message tersebut. Dalam message tersebut beliau sempat menyelipkan sebuah pesan mengenai peluncuran situs bersama Indonesia Peacekeeper pada tanggal 17 Agustus 2007, yang saat ini pastinya sudah banyak yang mengunjunginya (semoga ya Om..) Alamat situs tersebut diambilkan dari nama belakang si Om Luigi sendiri, betul PRALANGGA.ORG.

17 Agustus ini kita akan luncurkan situs bersama Indonesian peacekeepers (http://pralangga.org/) yang menyuguhkan beberapa cerita dan foto2 dari lapangan/penugasan

Begitulah, akhirnya saya menjadi sering mengunjungi situs tersebut meskipun jarang sekali meninggalkan jejak alias commenting. Awalnya sih sekedar membaca sekilas di sela-sela rutinitas pekerjaan, dan sekarang mungkin jadi lebih sering. Habisnya asyik banget, itung-itung buat nambah pengalaman baru tentang dunia baru pula seperti negeri si bau kelek dimana Om Luigi sekarang berada, hueheheh. Dari pengalaman pribadi saya menikmati keseluruhan isi situs tersebut, perlu diacungin 4 jempol tangan (2 jempol lainnya pinjem temen sebelah) atas effort para kontributor dalam menyumbangkan pemikiran, pengalaman dalam bentuk tulisan dan gambar-gambar [baca : photo] selama penugasan, yang tentu saja bisa dinikmati siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Asal ada internet dwonk tentunya..

Bagi yang sering akses ke sini pastinya tidak asing lagi disambut dengan tampilan seperti gambar di atas dengan latar berwarna orange yang tentu saja "herna banget" (kata beberapa teman di kantor). hERNa loves orange, tapi tidak serta merta semua barang harus berwarna orange doonk... Om Luigi, permisi saya mencomot gambar-gambar dari website-nya.

Tampilannya secara garis besar sih cukup informatif, di kolom sebelah kiri di bawah "PHOTO ALBUM OF THE MONTH" disuguhkan "RECENT ENTRIES" dan "PREVIEW COMMENTS". Jadinya para pengunjung termasuk saya bisa membaca sekilas, artikel yang suda ditulus dan juga komentar-komentarnya. Sedangkan kolom sebelah kanan disajikan "LATEST POST" yang menyajikan preview dari keseluruhan tulisan.


Tapi begitu saya "click" pada link judul artikel, treng teeng teeeng....., tampilan selanjutnya koq sedikit aneh. Kolom sebelah kanan jadi kosong melompong, bagi yang kurang teliti bisa saja mengira memang "blank". Padahal sebenarnya detail posting turun ke bawah dan berada di kolom sebelah kiri, yang "mungkin" seharusnya tetap berada di kolom sebelah kanan. Nah, yang seperti gambar di bawah ini jadinya.

Setiap kali saya sowan ke situs tersebut, selalu saja tampilannya menjadi seperti di atas. Apa mungkin karena saya menggunakan laptop?? Karena penasaran, saya coba juga di desktop yang ada di meja sebelah. Ternyata tetap saja begitu...


Dan untuk sharing comment, sebelum submiting harus melakukan preview terlebih dahulu(???), baru saya bisa "click" submit button. Hehehe, apakah saya yang salah atau memang begitu adanya... O iya, semua commenting yang masuk memerlukan approval dari sang admin.

Comments may be edited prior to publication and inappropriate comments may be deleted.

Yang ini saya setuju, untuk menghindari comment-comment usil yang bisa mengganggu ketenangan pengunjung lainnya.. Satu lagi sebenarnya, akses ke situs tersebut rasa-rasanya sedikit "berat", ya......

Mungkin ada pengalaman dari blogger yang lainnya, monggo ditunggu sharing-nya...

So, bravo Om Luigi buat situs PRALANGGA.ORG-nya.. Semoga berguna buat seluruh lapisan pembaca, selalu memberikan inspirasi, membuka cakrawala baru buat pembacanya.. Huehehehe...