Tuesday, October 2, 2007

Menjelang lebaran

Percakapan di sebuah rumah tangga menjelang lebaran, yang mungkin sering terjadi di beberapa rumah terutama yang punya "embak"..

Si embak : "Nya.. habis lebaran saya gak balik lagi, nggih..."
Nyonya besar : "Emang kenapa gak balik..??"
Si embak : "Itu Nya, mau bantuin emak di rumah, udah capek kerja.."

Nyonya besar : (mulai esmosi) "Emang kerja kamu di sini berat koq sampe capek.."

Si embak mulai tertunduk, bingung mo ngomong apa lagi..

Nyonya besar : "Kamu gak kasian ama nyonyamu ini, lagian si Christina (bukan nama sebenarnya) sudah deket ama kamu. Kasian kan kalo kamu gak balik.."

Si embak masih tertunduk, semakin bingung menghadapi nyonya besarnya itu yang memang mempunyai watak dominan, susah dibantah dan cenderung galak.

Nyonya besar : "Nggak, kamu harus balik, ntar pas pulang lebaran gajinya separo aja ya dibawa, separonya lagi Nyonya simpen..."
Si embak : "Tapi Nya, duitnya mau dipake emak buat modal kulakan di kampung.. Emak mau jualan..."
Nyonya besar : "Iya makanya kamu balik lagi..."


Si embak semakin lemes, ngebayangin kerja keras lagi. Mulai bangun tidur jam 6 pagi sampe tengah malam, setiap hari. Mulai nyapu, ngepel, nguras bak mandi, cuci baju, setrika, mandiin si Christina dan kakaknya (yang udah gede, sepantasnya udah bisa mandi sendiri), nganterin sekolah, plus mijitin sang nyonya besar di tengah malam. Rasa-rasanya gak pernah istirahat, badannya yang kurus semakin hari semakin kurus saja.

Capek rasanya, pengen pulang bantuin emak, jagain adik-adiknya yang masih kecil. Meskipun capek tapi minimal masih bisa istirahat tidur siang. Laah kalo di tempat nyonya besar, mana bisa dia tidur siang. Setiap hari aja tidurnya jam 12 malam..

Tapi gimana caranya ngomong ke nyonya besar, si embak itu takut banget dimarahin. Meskipun dimarahi itu masuk dalam menu sehari-harinya. Tapi kali ini si embak bener-bener pengen pulang ke rumahnya.

====
Semoga saja bukan termasuk "temen"nya si Nyonya besar itu, yang mengulur-ulur gajinya si embak. Kasian kan, mereka udah kerja masak gajinya masih gak dikasih..
Dan Alhamdulillah, embak yang jagain si krucil masih mau balik lagi, meskipun embak yang satunya memang udah pengen pulang. Katanya sih mau bantuin emaknya merawat sapi.. Tapi Insya Allah sudah dapat gantinya..