Monday, December 17, 2007

"Jahat.."

Akhir-akhir ini saya jadi "jahat" banget sama para penjual itu. Contoh saja, kemaren malam saya dan si papah belanja oven tanam di salah satu toko elektronik yang besar di Surabaya, tepatnya di sekitar Bukit Darmo Blv.

Sebenarnya oven yang saya incar berbulan-bulan yang lalu masih di-display juga, tapi ternyata dah jadi milik orang lain. Akhirnya setelah berpikir keras dan colek-colek barang ini itu, akhirnya sreg sama satu merek oven yang lain.

Saya panggillah mbak-mbak pramuniaganya, saya bilang mau oven yang itu. OK, setelah di cek sana dan sini ama si mbak itu ternyata pengiriman barangnya baru bisa lusa hari dari hari pembelian saya. Padahal maunya saya dikirim besok paginya. Dengan halus dan lembutnya mbak-mbak itu menjelaskan kenapa harus lusa, kenapa gak bisa besok, dan dengan repotnya mbak itu lari kesana kemari mencari-cari bagian pengiriman yang kira-kira bisa nganterin buat besok pagi.

Nunggu lama akhirnya mbak yang lari-lari itu muncul juga, trus bilang gini kira-kira "Maaf buk, gak bisa kalo dikirim besok, soalnya jadwal pengiriman besok sudah penuh".
Trus saya dengan santainya jawab, "Oh, kalo gitu gak jadi deh mbak...."
Mbaknya langsung bilang gini, "Coba saya telponkan lagi ke bos saya lagi buk, yang tadi itu orangnya gak bisa dihubungi..."
Gak berapa lama setelah si mbaknya itu telpon, nyamperin saya sambil bilang "O iya buk, bisa dikirim besok, tapi untuk daerah pengiriman Sidoarjo kena biaya pengiriman Rp. 25.000.."
Horee, akhirnya bisa juga dikirim besok.. Tambahan biaya RP 25.000 emang harus bayar, lha gimana lagi, rumahnya di luar kota jee..

Tapi pagi tadi, saya jadi lebih "jahat" lagi pas nelpon ke interior design, namanya FILIA yang di Mayjend Sungkono itu. Rencananya hari ini ada pengiriman kitchen set dan lemari ke rumah. Tapi pas saya konfirmasi jam berapa dikirimnya, dengan seenak udelnya bilang "Maaf buk hari ini kami blom bisa kirim, paling lambat hari Rabu kami kirim.."
Yang ini mah sontoloyo banget... Terang saja saya langsung NYOLOT, secara history-nya harusnya kitchen set itu dah dikirim bulan lalu. Trus karena suatu hal masalah internal mereka, gak tau mis komunikasi atau apa, beberapa hari sebelum tanggal pengiriman saya telpon ke kantornya. Dengan santainya mereka bilang, untuk design saya baru bisa dikirim paling lambat tanggal 15 Desember. Muke gileee, gak tanggung-tanggung molornya tuh sampe sebulan. Saya marah banget, mereka telpon berkali-kali saya cuekin. Tapi akhirnya setelah negosiasi macem ini macem itu, didapat kesepakatan kalo tanggal 15 Desember itu sudah terpasang. OK deal...

Tapi dasarnya emang gak profesional dari awalnya kali, minggu kemaren saya ditelpon lagi kalo gak bisa ngirim tanggal 14 Desember, bisanya hari Senin (17 Des, hari ini). Yo sudah, saya lagi males berdebat.. Tapi hari ini tadi saya benar-benar dibuat marah.

Mereka bilang baru bisa kirim hari Rabu.. Terang saja saya langsung bilang, knapa gak dikirim aja tahun depan. Trus dengan o'on-nya orangnya nanya, tahun depan kapan buk?? Saya jawab aja, akhir tahun depan mbak...

Saya : "Pokoknya saya mau dikirim hari ini atau semua uang saya kembali...."
Filia : "Ibuknya rugi looh, hari ini tinggal finishing saja, besok pengeringan trus hari Rabu dikirim.."
Saya : "Mbak...!!! Saya sudah dirugikan sebulan yang lalu, trus kemaren jumat katanya mo dikirim, gak taunya molor hari ini, hari ini dibilang mo dikirim hari Rabu, trus mo molor sampai kapan lagi??!!!.."
Filia : "Iya buk, kami minta maaf buk...!!!"
Saya : "Dikirim hari ini atau uang saya kembali semuanya, dan juga design untuk bed set saya batalkan semuanya.."
Filia : "Apa gak sabar ditunggu sampai Rabu, buk.."
Saya : "Saya sudah cukup sabar... Dan saya gak mau tahu, saya mau hari ini diantar, atau semua uang saya dikembalikan..."
Filia : "Gini aja buk, kalo misalkan hari Rabu kami ternyata gak bisa kirim, hari itu juga semua uang ibu kami transfer. Akan saya sampaikan ke Pak Beni (si bosnya).."
Saya : "Mbak, mending mbak sampein ke Pak Beni deh kalo saya minta uang saya balik semuanya hari ini atau barang dikirim hari ini. Saya tidak dapat kompensasi apapun dari keterlambatan ini.."
Filia : "Iya untuk Ibu Herna kami kasih kompensasi kualitasnya yang paling bagus deh.."
Saya : "Mbak, kualitas paling bagus itu bukan kompensasi tapu keharusan. Kalaupun saya minta kompensasi, jangan harap saya mau dikasih kompensasi yang kecil karena saya bakalan minta kompensasi yang gede banget.. Tolong disampaikan ke Pak Beni ya Mbak.."

Gile, bener-bener bikin emosi deeh... Dan akhirnya mereka hari ini kirim sebagian barang ke rumah... Mampus loe, biaya transportasi dobel-dobel biarin... Biarin aja mereka bolak-balik selama tiga hari. Saya pikir menakutkan juga bagi mereka kalo sampai semua uang saya harus balik. Memang sih saya rugi kalo seandainya uang kembali, rugi waktu aja... Taoi kan mereka bakalan rugi macem-macem, rugi design, rugi bahan baku dan mungkin barang itu gak laku kalo dijual, secara itu custom sesuai permintaan customer..

Si Papah bilang, "looh dikirim juga yaa... Hehehe mereka takut beneran kayaknya kalo sampai kita minta balikin semua uangnya..."

Makanya tooh, jangan permainkan pelanggan. Saya sendiri sudah ogah pake Filia.. So yang di Surabaya, kira-kira dimana yang interior design yang bagus?? Kasih tau donk, mo pindah nihh...