Thursday, December 27, 2007

Thank to you

Siang ini secara gak sengaja gue mendengar sebuah pembicaraan di antara para bapak-bapak yang sudah mempunyai seorang putra/putri. Sebenarnya gak pantes sih kalo dibilang bapak-bapak, secara kalo dilihat mah gak keliatan pake kumis, gak ada sisir nyembul di saku belakang (jaman kapan itu, neng) trus umurnya masih kurang dari kepala 3. Yaa begitulah profil bapak-bapak yang gue maksud tadi, atau gue anulir aja, sebut saja mereka itu bapak muda, it's sound better *pletak, maksa banget*.

Kembali ke pembicaraan itu, tiba saatnya salah satu bapak muda *tetep aneh rasanya sebutan ini* menceritakan dunianya bersama sang buah hati. Sebut saja nama bapak muda itu Mas Nono Suhardjo, sudah gak usah protes, boleh donk meskipun bapak-bapak tapi dipanggil pake embel-embel mas.
"Sampai sekarang gue belum pernah ganti popok anak gue...", Mas Nono membuka pembicaraan.
"Waaah, gimana bapak yang satu ini. Justru anak itu seneng pas diganti popoknya, dia ngeliatin siapa yang ganti popoknya", sahut bapak yang satunya protes. Sepertinya Mas yang satu ini menurut pengamatan gue termasuk bapak yang sering "pegang" anaknya.
"Lha ibuknya bisa koq...", jawab Mas Nono enteng.
"Waaah, sana pulang dulu buat belajar ganti popok..", timpal temen ngobrolnya Mas Nono itu.

Gue yang awalnya cengar-cengir ngedengerin dari meja kerja mau gak mau dibuat geli juga, jadi pengen ikutan komentar.
"Apa mas, belum pernah ganti popok sama sekali??", gue negasin lagi sambil noleh ke arah perbincangan mereka.
Mas yang temennya Mas Nono itu nyahut, "Iya Na, masa' blom pernah ganti popok anaknya..."
Gue kasih sebuah jawaban yang singkat tapi mengena, "Untung bukan suami gue...". Huuaah, kesannya sadis banget ya jawaban gue barusan.

Memang kalo dah ngomongin hal begituan, maksudnya seputar perawatan bayi dan anak, kadang gue gemes kalo ada seorang bapak yang kesannya menumpahkan segala tetek bengek si bayi ke seorang ibu. Salahkah?? Tidak, gue sama sekali tidak menyalahkan para bapak yang mempunyai mind-set seperti itu, syah-syah aja koq toh tidak mengganggu tidur gue sama sekali.

Dan di sini gue harus bersyukur bahwa si cinta bukan kategori bapak yang seperti barusan gue gambarkan di atas. Ketika gue blom berani mandiin si krucil pada usia beberapa hari (setelah pulang dari rumah sakit), si cinta lah yang ngeyakinin bahwa gue bisa mandiin si krucil. Tidak tanggung-tanggung, dia berani membuktikan kalo dia juga bisa mandiin si krucil yang masih mungil itu. Dari sini aja, gue sudah kalah satu langkah, bahwa di antara gue dan si cinta, yang pertama mandiin si krucil adalah si cinta. I really appreciate it.

Ganti popok either ngompol or pup gak masalah buat dia, tengah malam pun dilakoni juga. Kalo menurut gue, hal yang begituan memang tanggung jawab gue dan si cinta. Dan itu benar-benar membuat gue bersyukur bahwa he such a great father and husband.

Sampe sekarang pun, seandainya gue sedang tugas keluar kota untuk beberapa hari, siapa lagi yang ngurusin si krucil kalo bukan si cinta. Memang sih di rumah ada mbak, tapi selama di rumah ada gue or papa or both of us, dijamin si krucil nempelnya ma kita berdua. Artinya kalo dia ngompol, pup or something else larinya juga ke gue or si cinta.

Jadi keinget jaman gue kuliah dulu, pulang kantor langsung ke kampus naik taksi. Si cinta pulang ke rumah buat nemenin si krucil, sekitar jam 8:30 malam jemput ke kampus yang berjarak tidak kurang dari 25 km dari rumah bersama si krucil. Kalo ada tugas kuliah yang musti dikumpulin besoknya gue lembur, trus si krucil siapa lagi yang nemenin kalo bukan si cinta. Parahnya kalo musim praktikum tiba, bisa-bisa gue ketemu si krucil hanya pagi hari, dalam rentang waktu gue bangun tidur sampai gue berangkat ke kantor. Pulang kantor langsung ke kampus, pulang ke rumah seringnya si krucil dah bobok, baru ketemu besoknya.

Sedih?? Sangat... Tapi akhirnya gue memilih dan sudah memutuskan yang terbaik buat gue, buat si cinta dan tentu saja buat si krucil.

Once more, I really appreciate his effort for me and of course for our little boy. Thank you for being great husband, great father too... I'm proud of you, love you always..

Makasih sudah mau bersabar mendampingi gue yang kekanak-kanakan ini.. Sekarang dah jarang ngambek kan, abisnya kalo ngambek didiemin aja.. Kan capek sendiri tuuh.. Wakakaka...